Kamis, 20 Juli 2017






Kegiatan anak-anak Circle of Happiness di bulan puasa bulan kemarin adalah buka bersama. Ini kali pertama anak-anak melakukan buka puasa . Jadi minggu ketiga bulan puasa kegiatan yang biasa dilakukan di pagi hari , sekarang jadi dilakukan di sore hari selepas asar. Tunggu punya tunggu anak-anak belum pada datang sedangkan pendongeng yang datang dari Jakarta sudah datang. Ternyata banyak anak yang masih sulit dibangunkan dari tidur siangnya. Dan akhirnya kegiatan baru dilaksanakan jam empat sore . Karena sudah terlambat akhirnya kegiatan hanya ada satu kegiatan saja. Pembuatan kartu di skip dulu.



Kak Ale mulai mendongeng tapi sebelumnya ada permainan kata yang membutuhkan konsentrasi dari anak-anak. Setelah mendongeng , kak Ale memberikan banyak pertanyaan dengan hadiah bagi yang bisa memberikan jawaban yang tepat. Jam menunjukan tepat pukul lima sore. Akhirnya diadakan beberapa permainan yang bisa membuat anak-anak  tidak lemas. Permainan pertama adalah besar vs kecil. Saat pemandu mengucapkan kata besar , anak-anak harus menunjukan dengan tangannya tapi yang berlawanan. Jadi saat terucap kata besar , maka tangannya harus menunjukan kecil, begitu sebaliknya. Dan ternyata sangat sulit karena otak akan menyuruh tangan untuk menggerakan sesuai yang dipikirkan. Jadi saat ada kata besar, otak akan memroses dan tangan akan menunjukan besar tapi karena harus sebaliknya makan otak harus dengan cepat meresponnya . Akhirnya banyak yang melakukan kesalahan , tapi ini menjadi keseruannya. Permainan kedua adalah permainan mengambil anak. Jadi ada dua kelompok yang akan berbaris ke belakang . Orang yang terdepan harus menjaga agar kelompok lainnya tidak mengambil orang yang berada paling ujung belakang. Keseruannya sampai banyak anak yang terjatuh dan terinjak kakinya. Dan permainan terakhir adalah permainan minta anak.





Menunggu buka, ada beberapa pembagian hadiah. Hadiah berupa kenang-kenangan untuk anak kelas  6  yang sudah lulus yang akan berakhir berkegiatan di Circle of Happiness. Juga ada bingkisan hadiah untuk anak-anak yang lain sebagai hadiah lebaran. Dan kartu lebaran cantik buat anak-anak.  Anak-anak tampak berseri menerima hadiah. Saat mendekati magrib, teh manis hangat telah disediakan dan dibagi ke anak-anak beserta bubur candilnya.  Dan dilanjutkan dengan solat berjamaah bersama. Anak-anak mulai mengambil wudhu di beberapa tempat yang sudah ditunjuk. Setelah siap, solat berjamaah siap dilaksanakan dengan imamnya kak Rizal. Selesai solat mulai dengan bersalam-salaman. Dan sebelum pulang nasi ayam dibagikan satu persatu. Mereka pulang dengan rasa gembira dan akan menikmati liburan lebaran dan semester yang agak panjang.



  
Selesai sudah kegiatan buka bersama yang sederhana ini, tapi mudah-mudahan bisa menjadi pengalaman anak-anak juga. Semoga di tahun yang mendatang bisa terlaksana kembali dengan acara yang lebih seru tentunya.


Kamis, 13 Juli 2017

Umroh (4) Suatu Hari Di Madinah




Setelah beribadah di Mekah, perjalanan dilanjutkan ke kota Madinah. Perjalanan Mekah ke Madinah membutuhkan waktu kurang lebih lima jaman. Selain beribadah di mesjid Nabawi , aku juga mengunjungi beberapa tempat bersejarah di kota Madinah. Beberapa yang aku kunjungi di sana antara lain :
  • 1.       Mesjid Quba. Mesjid ini adalah mesjid yang dibangun Nabi Muhammad SAW dan mesjid yang sekarang terlihat adalah mesjid yang sudah direnovasi dan diperluas sekitar tahun 1986. Sehingga bisa menampung jemaah sebanyak 20.000 , tapi kenyataannya pengunjung mesjid ini membludak sehingga aku harus solat di belakang mesjid di bagian luarnya, itupun masih berdesakan dengan yang lainnya. Dalam sejarahnya mesjid ini dibangun  saat nabi Muhammad hijrah dari kota Mekah ke kota Madinah .  Di kampung Quba ini Sayyidina 'Ammar Radhiyallahu 'anhu mengusulkan untuk mendirikan tempat berteduh dan beribadah bagi nabi Muhammad . Dan akhirnya dibangunlah mesjid ini dimana nabi Muhammad yang pertama kali meletakan batunya di kiblatnya.
  •  
  • 2.      Kebun Kurma. Kurma adalah tanaman yang memang bisa tumbuh di alam seperti Arab. Dengan pasir yang luas dan cuaca panas dan air yang kurang. Banyak kebun kurma yang dijadikan juga sebagai tempat membeli kurma dan wisata. Di sana dijual banyak jenis kurma dan variasi olahan kurma. Tentuny aku juga membeli kurma Nabi yang terkenal itu dan olahan kurma. Ada juga kurma muda yang katanya bisa memberikan kesuburan bagi ibu-ibu yang sulit hamil. Aku membelinya untuk teman-temanku.
  •  
  •    
  •  
  •  
  • 3.      Jabal Uhud . Jabal Uhud ini adalah sebuah bukit yang terpanjang di kota Madinah sepanjang 7 km. Arti dari Jabal Uhud adalah bukit yang menyendiri karena Uhud sendiri punya arti Penyendiri, tapi yang uniknya bukit ini tak menyambung seperti bukit-bukit yang lainnya. Nabi Muhammad dan para sahabatnya pernah naik ke puncak bukit Uhud ini dan mereka merasakan bukit ini bergetar sehingga nabi Muhammad menghentakan kakinya untuk menenangkan getaran di bukit Uhud ini. Di lembah bukit ini pernah terjadi peperangan antara kaum muslimin dengan kaum  musyrikin dari kota Mekkah dimana jumlah pasukan musyrikin jauh lebih banyak sehingga banyak dari kaum muslimin yang akhirnya mati dalam pertempuran. Ketika kaum musyirikin mulai masuk ke kota Madinah , pasukan kaum muslimin sudah siap dengan pasukan pemanah yang ditempatkan di puncak Jabal Uhud ini. Kemenangan di pihak islam saat melihat kaum musyrikin kabur dari sana meninggalkan barang-barangnya. Beberapa pasukan kaum muslimin melihat banyak barang yang dtinggalkan an mereka mulai mengambilnya padahal nabi sudah melarang . Dan meninggalkan tempat di bukit sana. Akibatnya pihak musuh melihat banyak pasukan yang turun dan mengambil barang dan akhirnya datang kembali dan menyerangnya. Akibatnya hampir 70 sahabat nabi gugur dalam peperangan di jabal Uhud ini. Mereka semua dimakamkan di tempat mereka mati di sekitar Jabal Uhud. Setelah perang usai , nabi memerintahkan semua para sahabatnya yang gugur dalm peperangan untuk dikubur di tempat mereka roboh, sehingga ada satu lubang yang berisi beberapa suhada. Saat ini yang aku lihat kuburan ini sudah dipagari dengan tembok. Sebetulnya kita bisa juga menaiki Jabal Uhud tapi aku hanya melihat dari kejauhan karena waktu yang mepet. Di sekitarnya banyak dijual sovenir, kurma, asesoris dan berbagai jenis makanan Arab.



Perjalanan melihat banyak sejarah yang terjadi di kota Madinah membuat aku bisa melihat lagi peristiwa berabad yang lalu bagaimana perjuangan nabi untuk menegakan islam . Perjuangan yang berat dan harus sampai berdarah-darah melawan orang-orang yang tidak suka dengan nabi dan ajaran islam. Perjalanan  religi yang sangat bermakna bagiku.



Kamis, 06 Juli 2017





Momen lebaran itu selalu spesial, karena saat itulah semua keluarga besar bisa kumpul. Hal ini disebabkan karena adanya cuti bersama yang memungkinkan  bisa bertemu. Terimakasih dengan adanya cuti bersama kita bisa silahturahmi dengan keluarga besar.Keluargaku selalu menghabiskan waktu lebaran di Cipanas Puncak, tempat yang selalu macet saat liburan datang. Dan momen lebaran ini dipakai untuk saling mempererat tali persaudaraan dan bertukar cerita tentang keluarga masing-masing. Anak-anak akan berkumpul dengan anak-anak, para orangtua akan berkumpul dengan orang tua.



Hal yang pertama dilakukan menjelang lebaran adalah bikin ketupat. Karena keluarga besar dan anak-anak sudah menginjak dewasa maka masak ketupat bisa seratus biji dengan ukuran sedang. Wah, masaknya dengan dua panci besar . Biasanya mengisi ketupat dilakukan pagi hari agar matangnya ketupat tidak terlalu malam karena butuh waktu lama memasak 100 ketupat.. Memasukkan ketupat ada pembagian kerja, ada yang memasukan beras , ada yang membersihkan beras yang nempel di kulit ketupat dan ada yang mengikat ketupat sebanyak sepuluh, sepuluh jadi satu ikatan. Setelah beres baru dimasukan di panci yang airnya sudah mendidih. Dan tunggu sampai matang. Biasanya baru menjelang waktu asar ketupat matang.




Nah, hari lebaran tiba , tentunya yang pertama dilakukan adalah solat ied. Kita sih mengikuti kebiasaaan di  kampung mertuaku dimana solat ied dilakukan di mushola-mushola kecil yang banyak terdapat di sana. Mushola khusus perempaun dan mushola khusus laki-laki. Musholanya kecil dan sangat sederhana sekali. Hanya terdapat lima baris saja yang bisa diisi oleh jemaah, tapi dari tahun ke tahun sepertinya gak pernah nambah ya selalu cukup saja. Dan orang luar yang solat ied di mushola itu ya hanya kita-kita yang datang  ke rumah ortu. Dan momen sungkeman dilakukan setelah solat ied, mulai dari anak yang paling besar dengan anak-anaknya samapi anak yang paling bungsu dengan anak-anaknya. Sungkem dengan oarng tua dan kakek , neneknya. Dan akhirnya perut yang lapar akan terisi dengan ketupat dengan segala lauk pauknya yang sudah tersedia di atas meja. Giliran menunggu yang perlu kesabaran.



Nah, karena pagi hari banyak tamu yang datang , tetangga orang tua, maka momen foto-foto biasanya dilakuakn sore  hari. Dan  halaman luar rumah ortu ini paling enak dibuat foto karena latar belakangnya yang indah , gunung Gede  dan gunung Pangrango jelas terlihat saat udara cerah. Ditambah bunga bogenville yang banyak ada di halaman yang bikin latar belakang berfoto jadi indah. Nah, selfie akhirnya dipekenalkan oleh anak-aank yang tentunya mereka sering melakukan dibanding emak-emaknya. Dan tentunya kita gak mau kalah dong. Selfielah ramai-ramai . Berebutan agar bisa masuk kamera, sampai berdesak-desakan, karena saking banyaknya sehingga gak muat di kamera. Dan seetlah dilihat hasilnya ada yang ribut gak masuk kamera dan diulang kembali. Begitu terus , dan walau anak-anak sudah dewasa ternyata tetap juga sulit untuk diatur layaknya anak-anak kecil. Kita orang tua ribut ngomelin mereka untuk rapih di foto bersama. Ciessss, cekrek,,, siap!!!!!!




Akhirnya sampai di acara bagi-bagi uang nih. Ini juga yang ditunggu . Karena anakku sudah bekerja makanya dia juga membagikan rejekinya buat sepupu-sepupunya. Dan aku bepikir kalau hanya bagi-bagi duit kayaknya gak seru deh. Makanya aku mengawali bagi-bagi duitnya dengan senam bersama dulu, senam Chicken Dance. Anak-anak dan orang tua berbaris rapih dan aku yang memimpin. Lagu yang gembira dan gerakan yang lucu membuat senam ini menjadi sesuatu yang bisa mengembirakan  Tapi kayaknya kurang seru kalau hanya senam saja, walau anak-aank sudah mulai protes kalau mau diadakan permainan, tapi kalau gak gak seru. Mumpung lagi kumpul, kayaknya keseruan itu perlu dong. Nah, aku membuat permainan yang bikin semua  gembira . Permainan yang bikin mereka harus konsentrasi.  Nah, ini yang bisa jadi kelucuan dan keramaian sehingga jadi meriah. Permainan jepit telunjuk, permainan kata simon, permainan tepuk tangan dan menghitung kelipatan empat.  Jadi bagi-bagi uang akan lebih terkesan karena didahulukan dengan banyak games. Semua gembira semua dapatkan uang. Nah, ini yang gak kalah seru adalah acara liwetan. Makan di atas daun pisang bersama-sama. Walau lauk hanya tempe goreng dan ikan asin ditambah lalapan dan sambal terasi, terasa nikmmat dimakan di alam terbuka bersama keluarga. Sungguh momen yang patut selalu dikenang.




Begitulah dari tahun ke tahun selalu begitu tapi tak membuat kita bosan , karena pertemuan yang hanya setahun sekali yang bisa mempertemukan semua anggota keluarga full dengan anak-anaknya hanyalah pada hari lebaran. Momen silaturahmi yang memang ditunggu. Keseruan yang sama tak akan membosankan karena kerinduan yang selalu datang saat lebaran datang. 





Jumat, 23 Juni 2017






Nah, sesudah menikmati alam di Taman Cisantana seperti yang diceritakan di sini, naik lagi ke atas ternyata ada juga wisata lain. Ini sebelum daerah wisaat di Palutungan yang memang sudah ada sejak lama dan merupakan tempat pendakian kalau mau naik ke guning Ciremai. Nah, ada tanda ke kiri untuk masuk ke wisata Sukageuri View ini. Jalan menujunya untuk ukuran mobil kecil karena kalau papasan dengan mobil lain salah satunya harus berhenti dulu.  Nah, baru sebentar sudah terasa ada di bagian atas yang bisa melihat alam dari atas yang begitu indah. Untungnya saat itu cuaca cerah sehingga langit dengan awan putih terlihat indah. Sesudah parkirkan mobilm segera turun untuk melihat alam yang terbentang indah yang bisa dilihat dari sini, di temapt ketinggian. Dan tiket masuk ke sini sama juga dengan di Taman Cisantana yaitu  limaribu rupiah saja.




Waktu masuk sudah terlihat menara-menara yang dibangun dari bambu dimana kita bisa naik di sana dan melihat pemandangan dari atas. Tentunya foto-foto dengan sudut yang berbeda akan menghasilkan foto yang menawan. Bahkan bisa mmebuat foto seperti sedang berjalan di atas awan. Juga terdapat jembatan bentuk segitiga yang juga dari bambu. Ini tempat favorit pengunjung sehingga harus banyak menunggu kalau mau berfoto ria. Untungnya saat itu pengunjung gak terlalu banyak sehingga antrian tak panjang. Dan perahu dari  bambu yang dididirikan menjorok ke sisi jurang sehingga nampak seperti melayang di udara. Sayangnya saat foto di sini salah mengambil sudut , sehingga tak tampak seperti berada di atas perahu bambu.




Dilengkapi dengan gazebo-gazebo untuk duduk beristirahat dan panoram alam yang indah. Bahkan kita bisa melihat waduk Darma dari kejauhan yang tampak membiru dikelilingi gunung dan bukit. Indahnya. Seluas pandangan hanya hijau yang asri, langit yang biru dengan awan puih yang tipis. Dan tempat ini juga bekas penambangan batu dan diubah menjadi wisata kekinian oleh  masarakat setempat. Di sana juga terdapat rumah Hobbit. Rumah Hobbit , rumah mungil dan ini terinspirasi dari film yang terkenal  Lord of The Rings.



Ada dua rumah hobbit yang bisa digunakan untuk berfoto ria. Dengan latar belakang rumah mungil seperti berada di rumah liliput. Saat kita bisa naik di menara-menaar yang ada , harus hati-hati karena ketinggiannya sehingga angin di atas sana cukup besar. Akibatnya kita seperti terhempas angin, digoyang-goyang tubuh kita oleh angin.  Udara yang sejuk, asri tak puas memandanga keindahan alam yang ada. Duduk santai sambil menikmati alam yang indah. Dan aku mulai terbayang akan kutuliskan rangkaian kata puisi untuk keindahan alam ini. Sudah terbayangkan keidahan alam ini  bisa menjadi puisi indah tentunya. Nah, bagi yang wisata ke Kuningan tak ada salahnya untuk mampir ke Sukageuri View ini untuk menikmati alam yang indah dari ketinggian. Dan foto-foto indah akan menjadi kenangan yang tak terlupakan tentunya. Dari Sukageuri View ini naik ke atas lagi kita akan menemukan wisata Palutungan yang sudah lama ada. Tapi dari sana ada wisata yang baru yang ada dalam wisata Palutungan adalah wisata Tenjolaut. Tapi berhubung waktu itu sudah siang sekali jadi tak menyempatkan diri ke Tenjolaut. 



;;